Cara Mengatasi Windows Tidak Bisa Dipasang pada Disk MBR

Terdengar mengagetkan, tapi sebenarnya masalah kompatibilitas MBR/GPT pada Windows merupakan hal yang sering ditemui. Sebagai contoh, jika Anda sedang mencoba memasang versi terbaru dari Windows pada disk MBR, maka Anda akan mendapatkan masalah yang menyatakan: Windows tidak bisa dipasang pada disk MBR ini. Pada sistem EFI, Windows hanya bisa dipasang pada GPT disk. Tidak usah khawatir, pada artikel ini, saya akan membantu Anda mendiagnosa masalah tersebut dan mengatasinya dengan cara melakukan format pada disk dengan tipe partisi GPT. Seperti dikutip dari laman Recoverit artikel yang ditulis Larry Jordan.

Apa perbedaan antara Tipe Partisi MBR dan GPT?

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi eror "The selected disk is of GPT Partition style", mari kita pahami dahulu perbedaan MBR dan GPT.

MBR: MBR, singkatan dari Master Boot Record, merupakan sektor boot khusus yang ada pada saat awal unit penyimpanan. Oleh sebab itu, MBR merupakan sektor pertama di media yang menyimpan informasi mengenai sistem operasi dan booting sequence. Masalahnya tipe MBR hanya bisa menahan hingga 4 partisi dan mengelola penyimpanan disk maksimum 2 TB. Pelajari lebih lanjut mengenai apa itu MBR.

GPT: GPT (Global Unique Identifier Partition Table) juga merupakan tipe partisi, tetapi dianggap lebih canggih dibandingkan MBR. Selain sama-sama menyimpan data booting dan sequence, GPT mengungguli MBR dari segi penyimpanan dan batas partisinya, dan juga lebih sering digunakan untuk instalasi sistem operasi terbaru. Pelajari lebih lanjut mengenai apa itu GPT.

Mengapa Windows Tidak Bisa Dipasang pada disk MBR?

Idealnya, instalasi Windows dibagi menjadi dua kategori: Legacy atau UEFI. Instalasi Legacy dilakukan pada versi Windows yang lama (seperti Windows XP atau Vista) dan mendukung tipe partisi MBR. Oleh sebab itu, ketika Anda mencoba memasang sistem legacy pada drive GPT, maka Anda akan mendapatkan eror Windows tidak bisa dipasang pada disk GPT.

Demikian pula jika Anda mencoba memasang sistem UEFI ke disk MBR, maka Anda akan diminta untuk memformatnya ke tipe partisi GPT. Selain itu, jika penyimpanan disk lebih besar dari 2 TB atau Anda ingin membuat lebih dari 4 partisi, maka MBR tidak bisa mendukung hal ini. Jika hal tersebut dilakukan, pengguna akan mendapatkan eror "Windows cannot be installed to this MBR disk. The selected disk is of GPT partition style".

Share:

No comments:

Post a Comment

Blogger news

Popular Posts

Recent Posts